perokok pasif

perokok pasif adalah orang yang berada di sekitar orang yang merokok, dan secara tidak sengaja menghirup asap rokok.Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang yang nggak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. jadi sebenarnya kebebasan hidup kita telah direbut oleh orang-orang yang merokok di sekitar kita


Ada dua macam asap rokok yang mengganggu kesehatan, yaitu:

  1. Asap utama (mainstream) adalah asap yang dihisap oleh si perokok.
  2. Asap sampingan (sidestream) adalah asap yang merupakan pembakaran dari ujung rokok, kemudian menyebar ke udara.

Asap sampingan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, karena tidak melalui proses penyaringan yang cukup. Dengan demikian pengisap asap sampingan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan kesehatan akibat rokok, seperti kanker paru-paru dan jantung koroner, serta gangguan pernafasan. Bagi anak-anak di bawah umur, terdapat resiko kematian mendadak akibat terpapar asap rokok.
Jadi usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan perokok. Karena jika anda menghisap asap rokok , maka akan mengganggu kesehatan anda , karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya adalah tar, nikotin dan karbon monoksida. Bila kalian berada di ruangan berasap rokok cukup lama, maka ketiga zat beracun tersebut akan masuk ke paru-paru kalian.


0 komentar: